-->

Penutupan FLS2N 2017 Kupang

Info FLS2N

FLS2N akan Ditutup dengan Ikrar Kebangsaan Anak-anak


Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Gordi Donofan

POS KUPANG.COM, KUPANG - Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) berakhir hari ini, Jumat (29/9/2017).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy akan hadir pada acara penutupannya yang digelar sore hari.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Johanna E. Lisapally menjelaskan, ceremonial penutupan diawali dengan parade.

Saat mengikuti parade, anak-anak diwajibkan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah.
"Anak-anak diterima oleh Menteri di depan Subasuka. Sebelum acara ditutup secara resmi, anak-anak mengikrarkan siswa-siswi cerdas berkarakter. Jadi intinya siswa-siswi ikrarkan siswa-siswi berkarakter," jelas Lisapally saat ditemui Kamis (28/9/2017) sore.

Parade kebhinekaan bertujuan NTT menjadi contoh merawat kebhinekaan, menjaga keberagaman dalam kebhinekaan.

"Ini merupakan nilai yang harus ditanamkan pada generasi muda yaitu nilai kebangsaan. Nilai 4 pilar itu yaitu, Pancasila, UUD, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Ini bertujuan supaya anak-anak itu betul-betul menghayati nilai-nilai Pancasila yang merupakan kepribadian bangsa Indonesia," beber Lisaplly.

Dia mengharapkan anak-anak Indonesia menjadi lebih cerdas dan berkarakter Pancasila.

"Itu nilai yang ditunjukan bahwa kita berbeda-beda suku, RAS, adat, budaya dan agama tetapi tetap satu sebagai bangsa Indonesia," imbuhnya.

Lisapally mengatakan, akan melibatkan 1.000 anggota Pramuka yang akan menjadi pagar ayu disepajang jalan dari depan Hotel Swiss Bellin Kristal hingga Subasuka.

"Kita juga ingin menunjukan bahwa kita menghargai kontingen dan kita wajibkan mengenakan pakian pramuka. Mengenakan pakian pramuka merupakan bagian dari kurikululm K-13 (karakter) dan juga bagian dari pengembangan pendidikan," ujar Lisapaly yang juga menjabat ketua panitia pelaksana daerah FLS2N ini.(*)

Sumber artikel: kupang.tribunnews.com

Penutupan FLS2N 2017 Kupang